http://kamilrafi.blogspot.com/2013/02/sejarah-g30s-pki.html

SEJARAH SEPAK BOLA DUNIA

Posting gue kali ini tentang sejarah olahraga paling digemari di dunia. Yaitu "Sepakbola"


Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana permainan sepak bola masuk ke kehidupan kita? Kapan dan di mana adalah asal dari permainan ini berasal? Mengapa begitu banyak orang di dunia tergila-gila dengan permainan ini?

Sejarah Sepak Bola Dunia

Menurut beberapa catatan sejarah, sepak bola dimulai pada tahun 5.000 SM diman sepakbola dengan nama tsu chu. Pada masa tersebut sepak bola ini dimanfaatkan sebagai bentuk latihan fisik bagi para tentara, dan sebagai pertunjukan saat kaisar berulang tahun. 
Berselang 2.000 tahun berikutnya atau tepatnya pada tahun 3.000 SM terdapat juga catatan sejarah sepak bola dunia yang mencatatkan bahwa permainan ini pernah dimainkan oleh masyarakat Jepang yang dinamakan oleh mereka dengan sebutan KEMARI. 

Setelah itu terdapat juga sedikit catatan sejarah sepak bola dunia lainnya, yakninya pada tahun 2.500 SM, dimana orang Mesir kuno melakukan ritual kuno keagamaan yang hampir sama dengan permainan sepak bola. 

Selanjutnya pada tahun 600 M hingga 1600 M permainan sepak bola mulai dimainkan oleh orang-orang mualai dari Amerika Tengah dan Mexiko hingga pada abad pertengahan negara-negara eropa lainnya mulai memainkannya. Akan tetapi permainan sepak bolanya masih berupa gabungan sepak bola, voli dan basket, permainan ini lebih mirip rugby.

Pada tahun 1820 -1863 Peraturan sepak bola yang kita kenal sekarang mulai digodok. Dan pada akhirnya pada tahun 1863 Asosiasi sepak bola di dunia pertama didirikan di Inggris, yaitu asosiasi sepak bola inggris yang dikenal dengan sebutan FA. Pembentukan asosiasi ini diawali perbedaan pendapat tentang peraturan dan program pada sepak bola sebelumnya, sehingga sepak bola yang menggunakan tangan dikenal dengan rugby dan sepak bola dengan kaki dikenal dengan football.

Dan pada akhirnya federasi sepak bola dunia pun didirikan pada tahun 1904 dengan nama FIFA, yang beranggotakan Prancis, Denmark, Belgia, Belanda, Swiss, Spanyol dan Swedia.. Setelah 26 tahu FIFA berdiri, baru pada tahun 1930 kejuaran sepak bola antar negara di dunia diadakan Uruguay dengan Italia sebagai juaranya.

Post a Comment